Kamis, 23 April 2020

Belajar Sains dengan Portal Rumah Belajar dan Platform Pendidikan pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Negeri Satap Sangkan Gunung

SEKELUMIT KISAH BDR MASA PANDEMI AWAL, 16 MARET 2020

Oleh : Nyoman Sri Darmayanti, Guru IPA SMP Negeri Satap Sangkan Gunung


Seiring virus corona telah menyebar di Indonesia, Presiden RI  Joko Widodo telah menghimbau masyarakat untuk belajar, bekerja, dan beribadah di rumah. 
Segenap instansi termasuk sekolah dan perguruan tinggi meliburkan kegiatan belajar dan mengajar. Kondisi ini tidak  mematahkan semangat belajar pendidik dan peserta didik. Pendidikan untuk mereka tetap menjadi prioritas utama. Belajar Online merupakan satu-satunya pilihan untuk tercapainya tujuan pendidikan di tengah pandemi Covid-19. 

Berbagai aplikasi untuk belajar online saya coba variasikan di masa pandemi ini. Tujuan saya adalah mendapatkan kemudahan belajar peserta didik dari segi efisiensi kuota internet dan mempermudah mengaksesnya. Platform pendidikan yang saya gunakan yaitu sebagai berikut:
  1. Portal Rumah Belajar. Untuk mencari sumber belajar dan pemanfaatan laboratorium maya. Sumber belajar berupa materi bisa didapatkan berupa video yang mempermudah peserta didik menonton berulang kali secara offline karena bisa didownload. Karena belajar di rumah peserta didik tidak bisa saya berikan percobaan maka dari itu saya menyajikan percobaan dengan laboratorium maya. 
  2. Whats App (WA). Untuk menghubungi peserta didik saya buatkan grup WA masing-masing kelas yang saya ajar. kemudian saya menginformasikan segala kegiatan di grup WA.
  3. Google Classroom. Segala materi, tugas dan penilaian saya tautkan di google classroom.
  4. Eclipse Classroom. TTS asik IPA dapat dibuat dengan aplikasi ini. Jadi saya gunakan sebagai selingan belajar.
  5. Google Form. Untuk membuat evaluasi berupa soal yang langsung diberikan skor. 
Berikut video sekelumit pengalaman cara saya mengefisiensikan pembelajaran dari rumah dengan Portal Rumah Belajar dari Pusdatin Kemdikbud dan platform pendidikan gratis lainnya.



Di bawah ini adalah laporan kegiatan saya bekerja dengan mengajar dari rumah.
Berikut dokumentasi kegiatan belajar yang saya lakukan besama peserta didik saya di kelas VII SMP N Satap Sangkan Gunung

1 komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.