Jumat, 06 Agustus 2021

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK KELAS 1 s/d 6 SD

Salam dan Bahagia Sahabat Sains

Semoga Sahabat Sains dalam keadaan sehat dan tetap semangat di masa pandemi. Pada kesempatan ini admin akan berbagi Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) jenjang SD untuk kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6. 



PENGERTIAN LKPD

LKPD merupakan kumpulan dari lembaran yang berisikan kegiatan peserta didik yang memungkinkan peserta didik melakukan aktivitas nyata dengan objek dan persoalan yang dipelajari. LKPD berfungsi sebagai panduan belajar peserta didik dan juga memudahkan peserta didik dan guru melakukan kegiatan belajar mengajar. LKPD juga dapat didefenisikan sebagai bahan ajar cetak berupa lembar-lembar kertas yang berisi materi, ringkasan, dan petunjuk-petunjuk pelaksanaan tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik, yang mengacu pada kompetensi dasar yang dicapai (Andi Prastowo, 2011: 204). Tugas-tugas yang diberikan kepada peserta didik dapat berupa teori dan atau praktik.

TUJUAN PENYUSUNAN LKPD

Tujuan penyusunan LKPD untuk pembelajaran adalah sebagi berikut:
  • Memperkuat dan menunjang tujuan pembelajaran dan ketercapaian indikator serta kompetensi dasar dan kompetensi inti yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
  • Membantu peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran. 

LANGKAH PENULISAN LKPD

Berikut ini merupakan langkah-langkah penulisan LKPD yang dapat dikembangkan oleh guru secara mandiri dalam pembelajaran  di sekolah. 

  • Melakukan analisis kurikulum; KI, KD, indikator dan materi pembelajaran.
  • Menyusun peta kebutuhan LKPD.
  • Menentukan judul LKPD. 
  • Menulis LKPD. 
  • Menentukan alat penilaian.
Berikut ini adalah contoh LKPD SD yang dapat digunakan bapak/ibu guru dalam pembelajaran daring maupun luring. Klik disini, crete link, dan get link menuju tautan.

LKPD Kelas 1 SD klik DISINI
LKPD Kelas 2 SD klik DISINI
LKPD Kelas 3 SD klik DISINI
LKPD Kelas 4 SD klik DISINI
LKPD Kelas 5 SD klik DISINI
LKPD Kelas 6 SD klik DISINI

Semoga bermanfaat sebagai sumber inspirasi untuk bapak/ibu dalam menyusun LKPD mandiri di sekolah. 

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.