Rabu, 16 September 2020

KULIAH UMUM LEVEL 4 "MOTIVASI DARI TOKOH TERNAMA MEMBUAT LEBIH BERSEMANGAT BERBAGI"

"Merdeka Belajarnya, Rumah Belajar Portalnya, Maju Indonesia"

Mengusung tema Berbagi Inovasi Pembelajaran TIK Mewujudkan Merdeka Belajar, Pusdatin khususnya Rumah Belajar Kemendikbud menyelenggarakan kegiatan pelatihan guru Pembelajaran Berbasis TIK (PembaTIK) yang telah mencapai level akhir (Level 4: Berbagi TIK).

Motivator-motivator ternama dihadirkan sebagai narasumber dalam kegiatan yang dibuka oleh mas menteri Nadiem Makarim, Mendikbud RI secara live melalui aplikasi Zoom dan live streaming chanel YouTube Kemendikbud RI.

"Luar Biasa Motivasinya"

Demikian tiga kata yang bisa saya gambarkan dari mengikuti perkuliahan yang diselenggarakan dari tanggal 14 s/d 18 September 2020 ini. Bagaimana tidak, saya yang dahulunya hanya tahu menggunakan power point saja untuk mengajar dengan IT, kini dengan gabung di diklat pembatik membuka sisi terang pemahaman saya tentang Portal Rumah Belajar sebagai jembatan menuju kemerdekaan belajar. Narasumber, orang-orang hebat tersebut mampu membius, menginspirasi, mematahkan ketidakyakinan saya akan krisis belajar dimasa pandemi Covid-19 ini.

"Setiap fase yang kamu jalani harus bisa mendatangkan pelajaran untuk naik ke fase berikutnya." 

Kiranya begitu gambaran saya ketika mengalami tiap tahapan pada kegiatan Pembatik yang dimulai dari Level 1 (literasi) hingga berada pada Level 4 (berbagi). Menjelma menjadi kupu-kupu cantik memang membutuhkan tahapan dari telur menuju larva kemudian pupa. 

Biar bagaimanapun, sesibuk apapun,  menjadi seorang Sahabat Rumah Belajar 2020 patut disyukuri karena ini adalah sebuah momentum. Momentum bagi diri sendiri untuk terus bergerak memacu diri sendiri dahulu. Baru menggerakkan orang lain.

"Kesuksesan ada ketika persiapan bertemu dengan kesempatan"

Kegiatan perkuliahan ini setidaknya mengajarkan saya betapa sedikitnya yang belum diketahui oleh pendidik dan seberapa banyak yang masih harus saya pelajari. Kesempatan ini mendorong saya untuk belajar dan terus belajar. Mengabdikan diri sebagai seorang pendidik untuk berkarya, tentunya di bidang yang saya geluti, yaitu dunia pendidikan.

Berikut ini adalah video inpirasi dari narasumber dalam perkuliahan umum Pembatik Level 4









0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.