Jumat, 16 Oktober 2020

BISIK SERU SRB NUSANTARA "TEKNOLOGI CERDAS DALAM PEMBELAJARAN ERA 4.0"

Rumah belajar adalah portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Rumah belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri4.0 yang dapat dimanfaatakan oleh siswa dan guru.
Kami SRB dari berbagai provinsi di nusantara tergabung dalam Bisik Seru SRB Nusantara menyelenggarakan Webinar dengan "Tema Teknologi Cerdas Dalam Pembelajaran Era 4.0. Pelaksanannya diadakan hari Jumat, tanggal 16 Oktober 2020. Pukul 13.00 WIB s/d selesai. Sasaran peserta adalah guru-guru dari seluruh nusantara. Media yang dipergunakan untuk vcon dengan zoom dan live streaming youtube yang bisa dilihat di SINI.

Flyer Kegiatan Webinar Bisik Seru SRB Nusantara

Informasi sosialisasi terkait webinar Bisik Seru SRB Nusantara disebarkan melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, grup WA komunitas, dan grup telegram. Petunjuk teknis pendaftaran peserta, yaitu dengan melakukan pendaftaran pada link berikut dan mengikuti webinar melalui aplikasi zoom.

Sebagai Host adalah ibu Dra. Noor Hayati, SRB Jawa Timur dengan moderatornya Ibu Dian Ariani, S.Pd,Gr, SRB Kepulauan Riau. Kami sangat senang karena webinar ini disupport oleh Duta Rumah Belajar Kalimantan Tengah tahun 2019, Ibu Hana Kali Wahyuni, S.Pd.

DRB Kalimantan Tengah 2019

Host Dra Noor Haryati, SRB Jawa Timur

Moderator Dian Ariyani, S.Pd.Gr. SRB Kepulauan Riau

Narasumber pertama adalah SRB Kalimantan Tengah, Asep Listyawati S.Pd dengan materi pengenalan portal rumah belajar dan pemanfaatan fitur Laboratorium Maya. fitur Laboratorium maya merupakan simulasi praktikum laboratorium yang disajikan secara interaktif. dapat diakses secara daring/luring.

Narasumber Asep Listyowati, M.Pd SRB Kalimantan Tengah

Narasumber kedua adalah ibu Qoiryani Pohan S.Pd SRB Sumatera Utara dengan materi Teknik mudah dan cepat dalam video pembelajaran. Video Pembelajaran adalah: video preentasi guru dalam menjelaskan materi pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku secara sistematis dan tersruktur. Unsur- Unsur Tutorial pembelajaran yaitu: VIDEO (Rekaman Video presentasi guru), AUDIO (Aset suara Narator dan musik latar), GRAFIS ( Aset Visual berupa teks dan Gambar) dan ANIMASI (Animasi pendukung video pembelajaran). Didalam Video pembelajaran penting adanya kebutuhan hardware seperti: kamera, perekam suara, tripod, lighting dan komputer. Hal yang penting diketahui dalam pembuatan video seperti: Tentukan materi dan indikator, tentukan ide dan imajinasi konsepnya,kumpulkan aset audio visual, susunan storiline secara detail, rekam persentasi menjadi materi video, dan olah video menjadi unik dan menarik.

Tampak Kanan Qoiryani Pohan S.Pd SRB Sumatera Utara

Narasumber ketiga, ibu Lilis Lisnawati, S.Pd SRB Banten dengan materi tips Pembatik. Tips mengikuti kegiatan PembaTIK yang terdiri dari empat tahapan/level yaitu level 1 literasi, level 2 yaitu implementasi, level 3 yaitu kreasi dan level 4 yaitu berbagi, dan diakhiri dengan tahap seleksi Duta Rumah Belajar, secara garis besar adalah tentukan motivasi diri mengikuti kegiatan, tentukan tujuan apa yang akan di capai yang utama bukan hanya menjadi terkenal mendapatkan sertifikat diklat nasional, temukan ide-ide menghasilkan dan berbagi karya misalnya dnegan berliterasi, mendapatkan dukungan dari orang terdekat dan sekitar, tunjukkan sikap dan performance yang terbaik, dan terakhir adalah capai kesuksesan dengan gigichati.

Tampak kiri Lilis Lisnawati, S.Pd SRB Banten

Narasumber keempat adalah bapak Mochamad R. Fikri S.Pd, Gr. SRB Banten dengan materi pembuatan video pembelajaran dengan videoscribe. Dalam pemaparannya bapak Fikri mencontohkan cara membuat video pembelajaran matematika.

Mochamad R. Fikri, S.Pd Gr. SRB Banten

Narasumber kelima, saya sendiri Nyoman Sri Darmayanti, S.Pd SRB Bali. Dengan materi go-blog model disqovery inqury learning portal rumah belajar. Model Disqovery –Inqury Learning merupakan model pembelajaran berbasis penemuan dimana peserta didik tidak menerima konsep atau materi dalam bentuk final. Peserta didik diminta untuk menemukan sendiri cara atau langkah-langkah belajarnya dalam menemukan suatu konsep. Masalah-masalah yang diberikan biasanya berupa pembuktian. Berdasarkan prosedur model pembelajaran Discovery-inquiry Learning, guru dapat memanfaatkan fitur pada Portal Rumah Belajar yang ditautkan dalam blog pribadi.

Nyoman Sri Darmayanti, S.Pd SRB Bali 

Setiap sesi dilakukan tanya jawab singkat dipandu oleh moderator. Peserta webinar sangat antusias bertanya kepada narasumber. Di sesi terakhir diberikan pulsa gratis bagi yang bisa menjawab pertanyaan dari narasumber. Terdapat empat orang beruntung yang memperoleh pulsa gratis masing-masing senila Rp. 25.000,-. 

Report absensi dapat diakses DISINI 

Berikut ini adalah live streaming kegiatan webinar Bisik Seru SRB Nusantara "Teknologi cerdas dalam pembelajaran era 4.0" 


Terimakasih kami ucapkan kepada Duta Rumah Belajar Kalimantan Tengah tahun 2019, ibu Hanna Kali Wahyuni, S.Pd yang telah berkesempatan hadir dan memberikan segala motivasinya kepada kami untuk terus berbagi. Meskipun kegiatan Pembatik Level 4 berakhir, beliau mengharapkan semangat berbagi tetap dilakukan. Terimakasih kepada host dan moderator. Terimakasih kepada narasumber dan tentunya ucapan setinggi-tingginya kepada peserta webinar yang bersemangat hingga akhir acara.

Merdeka Belajarnya
Rumah Belajar Portalnya
Maju Indonesia



7 komentar:

  1. Balasan
    1. Nggih merangkai dari resume baoak/ibu di grup terimakasih semuanya ya untuj pelajaran hari ini

      Hapus
  2. Amazing bu..
    Keren baget artikelnya teratur dalam penulisanya bu..
    Semangat bu👍👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih bu. Baru belajar menulis dengan segenap cita rasa

      Hapus
    2. Terimakasih bu. Baru belajar menulis dengan segenap cita rasa

      Hapus
    3. Bagus n lengkap bu tulisannya

      Hapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.