Minggu, 11 Oktober 2020

Menebar Misi Suci Bersama Guru SD di Gugus II Kecamatan Karangasem

Om Swastyastu, sahabat Blog Dunia Sainsnya Mbok Nyoman.
Kengken kabare?

Semoga baik-baik saja ya di awal musim penghujan ini. Ngomong-ngomong tentang hujan, Mbok Nyoman ingin bercerita bagaimana perjalanan Mbok Nyoman menerobos derasnya hujan demi misi suci mensosialisasikan Portal Rumah Belajar di Gugus II Kecamatan Karangasem, Provinsi Bali.

Flyer Kegiatan Sosialisasi

Hari ini, Sabtu, 10 Oktober 2020 derasnya hujan yang mengguyur ibu pertiwi tak menyurutkan langkah Mbok Nyoman menuju daerah Jasri kabupaten Karangasem. Untuk mencapai lokasi, Mbok Nyoman harus melewati jalur perbukitan berkelok. Seperti ini perjalanan Mbok Nyoman menerobos hujan dan kabut tebal.

Perjalanan Menerobos Hujan Membumikan Rumah Belajar

Sesampainya di TKP Mbok Nyoman segera memulai acara karena peserta sudah seluruhnya hadir. Peserta yang hadir adalah seluruh Kepala Satuan Pendidikan SD se-gugus II Karangasem dan perwakilan guru SD se-gugus II Kecamatan Karangasem. Wah senang sekali dapat menjadi pembicara yang dihadiri oleh Kepala Satuan Pendidikan se-gugus II.

Acara dimulai oleh Kepala Satuan Pendidikan SD No.5 Subagan sebagai tuan rumah, dilanjutkan dengan Penyampaian sepatah dua patah kata dari pengawas SD gugus II Karangasem. Beliau memberikan dukungan kepada kami para SRB Karangasem untuk maju dan memberikan ilmu kepada guru-guru dalam inovasi pembelajaran dengan mengintegrasikan TIK. Dukungan penuh kami dapatkan dari seluruh Kepala Satuan Pendidikan di SD karena sebelumnya kami telah berkoordinasi dengan bapak Kadisdikpora Kabupaten Karangasem. 

Pembukaan oleh Kepala Satuan Pendidikan SD N 5 Subagan dan Pengawas

Dokumentasi dengan seluruh Kepala SD Gugus 2 se-kecamatan Karangasem 

Peserta sosialisasi 

Acara dimulai dari perkenalan masing-masing SRB oleh moderator yaitu Ibu Putu Ayu Desi Wilandari. Berikut ini adalah materi yang kami sampaikan.

  1. Cara mendaftar akun Rumah Belajar oleh Putu Ayu Desi Wilandari
  2. Pemanfaatan Fitur Utama Rumah Belajar oleh Nyoman Sri Darmayanti
  3. Pemanfaatan Fitur Pendukung Rumah Belajar oleh Ni Kadek Dwiyana Astriani
  4. Penggunaan Zoom untuk Vicon Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi oleh Ni Made Darmini.

Memperkenalkan Portal Rumah Belajar

Memandu Mendaftar Akun Rumah Belajar


Peserta Mencoba Fitur Rumah Belajar

Memandu Login Fitur Utama Rumah Belajar

Pembagian Hadiah untuk Pemenang Games Kahoot

Berhubung salah satu SRB Karangasem, Bapak I Komang Susena berhalangan hadir karena terhalang longsor di jalan yang dilaluinya. Jadi kami hanya berempat memandi sosialisasi. Antusias peserta mengikuti acara sangat luar biasa. Peserta seluruhnya aktif membuka laptop dan HP androidnya untuk mendaftar di akun Rumah Belajar. Peserta juga mencoba fitur baru Portal Rumah Belajar, yaitu Edu Game.

Peserta Mencoba EduGame Rumah Belajar

Pukul 11. 00 Wita sosialisasi diakhiri dengan mengucapkan yel-yel dari Rumah Belajar. Tak lupa kami menyampaikan ucapan terimakasih kepada peserta yang sudah bersemangat mengikuti rangkaian acara sosialisasi. Berikut video yang berhasil kami dokumentasikan.


Daftar Absen Peserta, Kepala Satuan Pendidikan, dan SRB sebagai berikut 

Astungkara acara hari ini berjalan lancar tanpa kendala. Terimakasih Tuhan, terimakasih tim solid SRB Bali Kabupaten Karangasem 2020

Semoga Portal Rumah Belajar semakin berkembang 

Merdeka Belajarnya

Rumah Belajar Portalnya

Maju Indonesia




1 komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.