Selasa, 08 Desember 2020

KESEPAKATAN KELAS MELAKSANAKAN PROTOKOL KESEHATAN DI SEKOLAH

SALAM DAN BAHAGIA 

Halo Sahabat Sains dimanapun berada. Kali ini saya akan membagikan essay singkat tentang tugas demonstrasi kontekstual 1.4.a.7 program guru penggerak. 

Adapun latar belakang dari pembuatan kesepakatan kelas ini adalah adanya budaya kurang disiplin anak memakai masker jika memiliki keperluan ke sekolah. Pengamatan saya  anak-anak kelas VII yang datang ke sekolah untuk membayar uang pakaian di koperasi sekolah beberapa tidak memakai masker dengan alasan lupa. Padahal sudah diinformasikan sebelumnya oleh waka kesiswaan untuk mentaati protokol kesehatan jika pergi ke sekolah. 

Guna membangun budaya positif dalam menerapkan protokol kesehatan dan membiasakan anak-anak dengan tatanan new normal belajar di semester genap, saya selaku guru membuat kesepakatan dengan siswa kelas VII.


Adapun Langkah-langkah kesepakatan yang saya lakukan sebagai berikut. 

Pertama, di grup wa kelas VII saya memberikan pertanyaan sebagai berikut "Bagaimana perkembangan pembayaran pakaian? Siapa saja yang belum mendapatkan pakaian sekolah?"  pertanyaan saya tersebut kemudian mengarah pada  pengamatan saya terhadap anak-anak yang tidak menggunakan masker ke sekolah. Ayo siapa anak yang waktu ini tidak memakai masker dan tidak cuci tangan di sekolah?".

Kedua, beranjak dari topik ketidakdisplinan beberapa anak yang tidak memakai masker ke sekolah, saya menanyakan ide siswa terkait bagaimana cara menerapkan protokol kesehatan di sekolah. 

"Bagaimana kalau kita bersama-sama membuat kesepakatan kelas. Coba Berikan Ide anak-anak tentang tata cara menerapkan protokol kesehatan ketika anak-anak di sekolah".

Karena di sekolah saya masih dilakukan pembelajaran secara daring diskusi kesepakatan saya lakukan dengan aplikasi jamboard yang saya kirimkan linknya ke wa grup. pada jamboarad tersebut siswa menuliskan hal yang mereka ingin lakukan untuk menjalankan protokol kesehatan. 

Ketiga, dari ide siswa tersebut saya mengambil kesimpulan apa-apa saja yang mereka telah sepakati. Termasuk anak berjanji jika melanggar kesepakatan, anak yang melanggar akan membuat tulisan catatan diri untuk mengingatkannya pada kesalahannya. 

Keempat, kesepakatan kelas tersebut dituliskan dalam bentuk poster kesepakatan kelas. 

Kelima, poster kesepakatan tersebut ditandatangani oleh perwakilan ketua kelas VII A, VIIB, VIIC sebagai perwakilan dari seluruh siswa. Tidak lupa guru juga menandatangani poster tersebut. 

Keenam, Poster yang telah ditandatangani di share digrup kelas dan masing-masing siswa diwajibkan menyimpannya.  

Berikut ini hasil kesepakatan kelas yang kami buat di jamboard melalui tatap maya  karena   pertemuan secara tatap muka tidak mungkin terlaksana.



Ini adalah dokumentasi percakapan di grup wa

     Ajakan untuk melakukan kesepakatan menerapkan protokol kesehatan jika ke sekolah 


    Guru mengingatkan siswa tidak menjadikan hukuman sebagai fokus kesepakatan

Memberikan motivasi bagi anak yang sudah melakukan kesepakatan dengan disiplin

Tantangan dalam melaksanakan kesepakatan tersebut adalah konsistensi melakukan kegiatan cuci tangan dan menjaga jarak untuk protokol kesehatan. Berikut ini dokumentasi penerapan protokol kesehatan sesuai hasil kesepakatan kelas. Murid yang datang semuanya memakai masker dan langsung mencuci tangan. Petugas hanya perlu mengukur suhu tanpa menginstruksikan siswa untuk cuci tangan lagi, karena mereka sadar dengan apa yang harus mereka lakukan sesampai di sekolah.






Karya esai tugas demonstrasi kontekstual dalam bentuk PDF dapat dilihat DISINI


GURU PENGGERAK
PANJANG UMUR PERJUANGAN

14 komentar:

  1. Salut Mang Sri... Lanjutkan demi anak didik kita... Satap Bisa....

    BalasHapus
  2. Semoga menjadi inspirasi dan pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran semester 2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih. Semoga disemester 2 pembelajaran lebih menyenangkan dengan kesepakatan di awal

      Hapus
  3. Keren Bu... Semangat belajar tetap bergerak.. salam kenal saya dari Kota Bandung, baru bisa daftar jadi penggerak untuk tahun 2021.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenql juga bu. Salam dari Bali. Semoga berhasil ya bu. Kita belajar bersama

      Hapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.