Jumat, 04 Desember 2020

MATERI EKOSISTEM KELAS VII

Salam dan Bahagia. Semoga sahabat dalam keadaan sehat dimanapun berada. 

Kali ini Sahabat Sains akan berbagi materi tentang ekosistem. Marilah kita menonton video ekosistem di bawah ini untuk memahami pengertian ekosistem, komponen ekosistem dan macam-macam ekosistem.



Setelah menonton video tersebut, diskusikanlah pertanyaan berikut bersama temanmu!

Soal No 1

Bacalah wacana di bawah ini dengan teliti ! 

Di Bumi yang luar biasa, tinggal bermacam-macam makhluk hidup didalamnya. Ada manusia, hewan, tumbuhan, mikroorganisme dan semua hidup di habitatnya masing-masing. Semua makhluk hidup saling membutuhkan, dan berinteraksi sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya masing-masing. Dalam kehidupan ini ada hubungan timbal balik antara manusia, tumbuhan, mikroorganisme dan tempat tumbuhnya. Faktanya, makhluk hidup manapun tidak dapat lepas dari lingkungannya, baik itu biotik maupun abiotik. Sumber utama ekosistem adalah cahaya matahari. Dengan interaksi antara kedua komponen tersebut, macam-macam ekosistem akan selalu tumbuh berkembang sehingga menimbulkan perubahan ekosistem. Jika anda pergi ke gunung, maka anda akan menemukan ekosistem gunung. Di danau, anda akan menemukan ekosistem danau. Intinya, macam-macam ekosistem yang ada di bumi tersusun atas makhluk hidup dan makhluk tak hidup. Sebagai contoh, ekosistem sungai terdiri atas hewan tumbuhan dan mikroorganisme yang hidup bersama-sama. Pada ekosistem sungai ada ikan-ikan kecil, ular sawah, rumput di tepian sungai, dan sebagainya.

Apakah permasalahan utama dari wacana di atas? Rumuskan permasalahan tersebut dalam bentuk pertanyaan minimal 3 pertanyaan!

Soal No. 2

Dari soal no 1. Apakah kemungkinanan jawaban dari rumusan permasalahan yang telah kamu buat ? 

Soal No. 3

Prily memiliki halaman rumah berisikan tanaman dan rumput sedangkan halaman rumah petrus disemen dan terdapat tanaman yang ditempatkan di dalam pot. Saat musim hujan banyak genangan air di rumah petrus. Petrus pun merasa sangat terganggu. Solusi apakah yang dapat kamu berikan kepada petrus agar dapat mengatasi masalahnya ? 

Soal No. 4

Bacalah wacana di bawah ini dengan teliti. 
Laut memberikan banyak manfaat, di sisi lain manusia juga memberlakukannya sebagai tempat pembuangan „sampah‟. Kenyataan ini jelas menunjukkan paradoks bagi warga negara Indonesia. Perlu di ketahui bahwa kerusakan ekosistem laut saat ini berada di zona merah. Hal ini tentu sangat membahayakan ekosistem laut. Penambangan pasir adalah salah satu kegiatan yang sedang marak terjadi akhir-akhir ini. Kegiatan ini sering terjadi di wilayah Banten hingga Riau. Isu hasil penambangan pasir liar ini dikabarkan dibawa ke Singapura untuk memperluas wilayah teritori. Saat ini terjadi kegiatan penambangan pasir pantai yang memberikan setidaknya dua dampak bagi masyarakat dan lingkungan. Pertama, membaiknya perekonomian masyarakat karena hasil penambangan pasir pantai digunakan sebagai bahan bangunan. Kedua, memburuknya kondisi lingkungan karena terjadinya abrasi. Berdasarkan informasi di atas, menurut kalian dampak manakah yang relevan dan tidak relevan dengan kasus penambangan pasir yang terjadi di laut Banten hingga Riau ? solusi apa yang sebaiknya dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut? 

1 komentar:

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.