Jumat, 29 Januari 2021

Pemanfaatan Tools Google Suite for Education Pada Mata Pelajaran Prakarya

Salam dan Bahagia 

Kali ini sahabat sains akan berbagi pengalaman menggunakan tools dari Google Suite For Education melalui akun belajar yang diberikan pemerintah. Kali ini saya akan mengulas pemanfaatannya pada mata pelajaran prakarya di kelas VII dan IX SMP Negeri Satu Atap Sangkan Gunung.


Penggunaan Tools dari Google Suite for Education

Google Docs

Pemakaian Tools Google Docs. saya pakai untuk Lembar Diskusi Peserta Didik (LKPD) online membahas tentang pengolahan. Peserta didik diinstruksikan untuk mengupload foto sebagai identitas, nama, nomor dan kelasnya kemudian satu foto makanan favoritnya lengkap dengan bahan utama dan bahan lain yang dibutuhkan dalam pengolahannya. 

Berikut dokumentasi pelaksanaan diskusi melalui LKPD Online. 

Klik gambar supaya tampilannya lebih jelas



Selanjutnya di bawah ini merupakan hasil diskusi pada lembar kerja peserta didik kelas VII pada mata pelajaran prakarya dengan tema membuat kerajinan dari limbah lunak organik. Peserta didik diajak merencanakan karya dan bahan yang digunakan berdasarkan minat mereka. Hal ini merupakan pembelajaran yang mengarah pada diferensiasi produk berdasarkan kebutuhan minat peserta didik. Saya mendata terlebih dahulu kira-kira minat mereka ingin membuat apa, dan apa bahan yang diperlukan. Apakah sudah sesuai dengan konten yang disasar pada tujuan pembelajaran (limbah lunak) atau belum. Jika belum saya memberi konfirmasi pada kolom catatan guru. Misalnya bahan bambu bukan termasuk limbah lunak. 

Google Classroom
Sebagai LMS saya menggunakan Google Classroom untuk berdiskusi, mengumpulkan tugas dan memberikan informasi sumber belajar.


Berikut ini merupakan pengumuman yang saya sampaikan di tugas kelas IX pada classroom saat mengajar prakarja aspek kerajinan. 
berikut ini hasil pengumpulan tugas di classroom untuk mengumpulkan mading budaya literasi di kelas IX. 

Google Meet
Untuk Tatap maya saya menggunakan fasilitas dari Google Meet 

Google Form
Evaluasi dan absensi dilakukan dengan memanfaatkan Google Form. 







Langkah Belajar di kelas IX
Pada materi prakarya aspek pengolahan kelas IX. Saya menuntun peserta didik untuk memahami prinsip pengolahan teknik basah dan kering. 
Pertama yang saya lakukan adalah memberikan link menggunakan aplikasi Google docs. Di grup WA sebagai lembar diskusi online.  Peserta didik menuliskan makanan kesukaannya beserta bahan-bahan yang diperlukan dalam pengolahannya. Di bawah ini hasil kerja peserta didik kelas IX mengerjakan LKPD memanfaatkan Google docs. 




Pada pertemuan selanjutnya, disepakati waktu mengadakan pertemuan tatap maya. Pada saat diskusi dengan Google Meet peserta didik mengkomunikasikan  makanan kesukaan yang dituliskannya pada LKPD digital. Peserta didik memaparkan bahan utama yang dipakai dan bahan pendukung pengolahan makanan kesukaannya. Dilanjutkan dengan guru memberikan pertanyaan pancingan seputar teknik pengolahan yang digunakaan. 




Penggunaan fasilitas share screen untuk menampilkan materi

Penggunaan chat pada aplikasi Google Meet untuk berdiskusi bagi yang tidak ingin menyampaikan jawaban secara langsung 

Pemanfaatan Wa untuk memberikan informasi


Refleksi
Kendala yang dihadapi sangatlah banyak terutama beberapa peserta didik tidak memiliki kuota yang memadai. Sekali lagi pembelajaran di masa pandemi merupakan pembelajaran darurat yang tidak pernah kita bayangkan. Segalanya tidak bisa kita paksakan pada anak, namun bukan berarti guru meski diam. Teruslah bergerak, fasilitasi anak-anak kita dengan media dan  sumber pembelajaran dalam berbagai bentuk yang kiranya dapat dijangkau peserta didik.  
Solusinya di sekolah, saya bagi anak yang tidak memiliki kuota diwanti-wanti untuk selalu berkomunikasi dengan teman terdekat untuk memperoleh informasi. Tugas dapat dikumpul ke sekolah jika tidak memiliki hp. Tentunya jika ke sekolah wajib memakai masker. Hal ini memerlukan kerjasama yang baik antara guru dan wali kelas dalam mendata perkembangan belajar anak. 

Perbaikan di masa mendatang 
Apabila sudah belajar dengan tatap muka namun pandemi belum berakhir, sistem blended learning bisa dilaksanakan dengan memanfaatkan tools dari Google Suite for Education. 

Demikian pemanfaatan Tools dari Google Suite for Education serta akun belajar.id. pada mata pelajaran prakarya di sekolah saya.  


Semoga bermanfaat dan menginspirasi. 

0 comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.